Berbagai Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Bisnis Online Bagi Pemula

Sekarang ini wirausaha telah menjadi hal yang paling diminati sebagai jalan karir. Berkat internet, banyak peluang bagi anak mudah yang masih kuliah ataupun baru lulus sarjana untuk langsung bekerja tanpa bergantung orang lain. Wirausaha dengan internet ini sering disebut bisnis online.

Bagi Anda yang masih pemula soal bisnis di internet ini, mari bahas bersama di sini tentang serba – serbi seputarnya. Dari informasi di artikel ini, mudah – mudahan Anda bisa belajar cara memulai bisnis yang sukses dengan internet.

Daya Tarik Bisnis Online

Hal yang membuat banyak orang berlomba mendirikan usaha di internet tentu ada banyak faktor. Tapi hal yang paling jelas adalah karena masyarakat sudah sangat terpengaruh dengan dunia online ini. Anda tentu sudah perhatikan bahwa hampir semua orang lebih sering berinteraksi dengan dunia internet dibandingkan dengan media lainnya.

Mulai dari komunikasi, hiburan, belajar dan bekerja bisa dilakukan lewat online. Karena sudah integral dengan kehidupan sehari – hari, tentu peluang bisnis di dalamnya juga besar. Anda bisa coba lihat seberapa banyak orang telah bergantung pada Gojek untuk kebutuhan delivery makanan dan kendaraan. Seberapa banyak orang lebih memilih belanja di Tokopedia daripada di pasar tradisional. Jumlah orang yang berperilaku seperti ini tentu makin bertambah dari hari ke hari. Jadi tidak ada salahnya banyak pengusaha melirik dunia online ini sebagai tempat mencari keuntungan.

Potensi Bisnis Online Kedepannya

Sejak populer digunakan masyarakat Indonesia di era 2005 (era boom warnet), penggunaan internet sangat berkembang pesat. Bayangkan saja, hanya dalam 14 tahun, kondisi Indonesia sekarang ini sudah tidak terpisahkan dari internet.

Hal seperti social media, tidak hanya digunakan untuk sekedar eksis, tapi juga untuk mendapatkan berita, bisnis dan juga keperluan lainnya. Pemanfaatan yang lebih bervariasi ini tentu karena perubahan gaya hidup dan penggunaan internet yang makin advance. Kedepannya, perkembangan ini pasti lebih besar lagi.

Di Indonesia sendiri, banyak layanan online lain yang mulai masuk dan berkembang. Hal seperti streaming service untuk film, layanan platform jual game dan masih banyak lagi, sekarang sudah makin mudah di akses. Service pelayanan ini tentu membuka kesempatan untuk lebih banyak service lain untuk datang.

Nah, dunia internet yang semakin ramai ini menandakan traksi penggunaan yang tinggi. Semakin banyak user yang berinteraksi, potensi bisnis online mendapatkan pelanggan juga makin besar. Jadi jika dilihat trend-nya, potensi bisnis secara online kedepannya masih tetap cerah.

Langkah – Langkah yang Bisa Diambil Pemula untuk Mulai Bisnis Online

Sekarang Anda sudah tahu bahwa orang – orang mencari kepraktisan lewat layanan online dan di sisi lain perkembangan internet mendukung hal ini. Jika Anda ingin sukses, tentu bisnis online bisa jadi titian karir yang baik.

Bagi Anda yang masih pemula dan belajar cara memulai bisnis online, berikut adalah langkah – langkah yang bisa diambil untuk sukses secara online:

Cari Kebutuhan yang Bisa Anda Penuhi

Jika ingin memulai usaha online, tentu Anda harus jadi memiliki ide yang bisa digunakan. Untuk ide ini, Anda harus cari tahu di mana Anda bisa menyediakan pemenuhan kebutuhan yang sebelumnya belum di eksplorasi.

Ide seperti Gojek bisa dibilang sukses karena mampu menyediakan pelayanan transportasi yang praktis daripada ojek ataupun angkutan umum lainnya. Mencari celah seperti ini tentu perlu research dan usaha yang cukup keras. Jika Anda menemukan celah seperti ini, Anda tentu bisa manfaatkan ide tersebut sebagai dasar bisnis online Anda.

Buat Sesuatu yang Unik

Setelah Anda menemukan ide yang baik untuk usaha, Anda juga harus pastikan membuat hal ini unik. Konsumen tentu lebih tertarik menikmati sesuatu yang berbeda dan original. Sebagai contoh saja, Anda bisa lihat banyak penjual makanan laku keras di Instagram hanya karena menawarkan menu masakan yang unik. Mulai dari kue pelangi sampai bakso tumpeng adalah beberapa contohnya.

Hal unik ini tentu bisa Anda tawarkan di bidang bisnis yang lain. Misal saja sebagai pembuat konten video. Di sini Anda menawarkan bahasan documentary hewan tapi dicampur dengan sentuhan komedi yang tidak bisa didapat di tempat lain. Video konten seperti ini tentu bisa menarik untuk edukasi dan hiburan. Audience yang datang akan berubah menjadi pemasukan karena adanya iklan yang Anda pasang di video tersebut.

Buat Website Anda

Nah, jika ingin lebih mantap menjalankan usaha lewat internet ini, Anda tentu perlu membuat website. Hal ini nantinya bisa digunakan sebagai base usaha ataupun sekedar portfolio Anda. Misal saja, Anda memutuskan mengambil usaha toko online. Jika memiliki website sendiri, Anda bisa melayani pengunjung dan menjual produk – produk Anda dengan lebih bebas.

Jika Anda adalah content creator, Anda bisa tunjukan portfolio kreasi buatan Anda. Apakah itu tulisan, desain grafis ataupun hal lain bisa Anda tunjukan. Orang yang datang melihat hal tersebut dan ingin dibuatkan content pastinya akan menghubungi Anda jika tertarik.

Saat membuat website ini, Anda tentu harus perhatikan tampilan dan juga penggunaannya. Pengunjung hanya akan tertarik jika website memiliki tampilan menarik dan mudah digunakan. Hal – hal penting seperti informasi produk dan juga contact juga sebaiknya jelas. Penggunaan kombinasi gambar, susunan tulisan dan warnanya, harus selaras dan enak dipandang.

Pastikan Gunakan SEO

Sebagai pebisnis, tentu Anda ingin banyak orang mengetahui tentang brand Anda. Semakin banyak orang tahu tentang brand ini, makin banyak konsumen yang bisa datang dan melakukan transaksi dengan Anda. Untuk keperluan ini, Anda bisa manfaatkan SEO.

SEO di sini adalah teknik optimasi website agar lebih mudah ditemukan oleh search engine. Anda bisa bayangkan jika SEO Anda baik, website usaha Anda akan muncul di halaman pertama saat searching menggunakan Google.

Banyak orang hanya akan mengunjungi website yang ditawarkan pada halaman pertama ini. Jadi bersaing menjadi ranking pertama di search engine, tentu bisa jadi jalur agar lebih populer. Tentu jalur kepopuleran bisa lewat cara lain, tapi di internet, SEO adalah kunci yang paling penting.

Untuk SEO ini, Anda bisa pelajari soal penggunaan keyword, optimasi website, link building, content marketing dan masih banyak lagi. Anda bisa belajar banyak hal soal SEO ini lewat internet karena banyak orang menawarkan informasi dan tutorial tentang hal ini.

Pastikan Status Brand Anda Baik

Setelah berada di internet, Anda harus lebih hati – hati dengan nama dan image brand yang Anda buat. Mempertahankan image adalah hal penting di dunia maya karena informasi bergerak lebih cepat di sini. Jika Anda melakukan kesalahan yang mencoreng image dan status brand, beritanya akan bersebaran kemana – mana dan tentunya akan berdampak pada kemampuan Anda mengais rezeki.

Untuk mempertahankan brand yang baik, pastikan untuk memberikan pelayanan yang baik untuk setiap pelanggannya. Gunakan social media untuk dapat menjaring feedback dari pelanggan dan juga menjalin relasi yang lebih baik. Image brand usaha yang peduli pada pelanggannya adalah hal yang baik dan sangat disukai di era internet sekarang ini.

Usahakan Mempertahankan Pelanggan

Setelah mendapatkan pelanggan, Anda tentu tidak boleh terlalu puas. Pastikan Anda dapat mempertahankan konsumen sekali ini agar mereka bisa jadi pelanggan tetap. Cara yang bisa digunakan tentu ada banyak untuk hal ini.

Salah satu yang paling populer saat ini adalah dengan membuat konten. Contoh saja Anda adalah penjual produk frozen food. Untuk membuat pelanggan tetap datang tertarik, Anda bisa membuat channel YouTube yang menawarkan tutorial resep kreasi menggunakan produk frozen food Anda setiap minggunya.

Menawarkan event – event seperti diskon dan promo juga bisa membuat para konsumen kembali lagi dan lagi. Jika Anda ingin membuat konsumen yang kembali ini lebih spesial, Anda bisa coba tawarkan pelayanan khusus jika mereka mendaftar sebagai member. Keuntungan ini bisa berupa voucher, point ataupun paket produk tertentu yang spesial hanya untuk golongan pelanggan setia ini.

Ide – Ide Usaha Online yang Bisa Dipilih

Nah, dari setelah Anda mempelajari langkah – langkah cara memulai bisnis online di atas, Anda tentu sudah sedikit mengerti bagaimana cara memulai bisnis online. Untuk membantu Anda yang masih pemula terjun ke dunia usaha di internet ini, berikut adalah ide – ide usaha yang bisa Anda pilih dan coba:

Toko Online

Bentuk usaha toko online adalah jenis bisnis yang paling mudah dibentuk. Anda tidak perlu lagi butuh untuk sewa toko dan bisa lebih fokus pada produk dan pemasarannya. Jenis toko yang bisa Anda pilih-pun bisa bermacam – macam. Apakah toko Anda menjual makanan? Baju? Produk elektronik? Karena cukup fleksibel, toko online ini menjadi jalur yang paling populer dipilih.

Dropshiper

Jika Anda ingin berjualan, tapi takut akan resiko merugi, Anda bisa ambil jalur jadi dropshiper. Pada dasarnya usaha online ini bekerja seperti distributor. Anda cukup ambil produk dari produsen dan berusaha menjualnya sendiri. Anda di sini tidak perlu melakukan stock barang, Anda cukup cari konsumen yang tertarik membeli dan menghubungi produsen langsung untuk mengirimkan produknya kepada pemesan. Bayaran yang Anda dapat biasanya tergantung dari jumlah pembeli yang bisa Anda jaring.

Blogger

Bagi Anda yang hanya ingin bisnis online sebagai sampingan, mendapatkan uang dari blog adalah yang bisa dilakukan. Anda bisa buat blog yang berisi informasi menarik yang mungkin dicari. Misal saja blog soal resep masakan ataupun bahasan review film adalah hal yang terlihat sederhana tapi menarik. Dengan membuat konten seperti ini, pengunjung akan datang membaca. Pengunjung di sini nantinya jadi sumber penghasilan Anda karena fitur ads yang ada pada blog. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak juga penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Affiliate Marketing

Jika Anda memiliki follower yang banyak di social media, tentu affiliate marketing ini bisa jadi jalur sukses bagi Anda. Bagi Anda yang tidak tahu, affiliate marketing ini pada dasarnya sama seperti mengiklankan produk.

Sebagai contoh saja, Anda bekerja sama dengan brand baju tertentu. Karena kerja sama ini, Anda diberi code diskon 30% khusus untuk pembelian. Nah, karena follower Anda banyak, perusahaan berharap, Anda bisa mempromosikan produk mereka dan menggunakan code tersebut sebagai penarik perhatian. Jadi saat ada follower Anda yang tertarik membeli produk baju dan menggunakan code diskon ini, Anda akan mendapatkan upah dari promosi ini.

Content Creator

Saat ini, menjadi konten kreator adalah impian banyak anak muda Indonesia. Pembuat konten di sini tentu ada banyak jenis. Mulai dari tulisan, gambar, komik, musik dan video bisa digolongkan sebagai konten. Tergantung platform yang Anda pilih, Anda tidak hanya akan mendapatkan fame tapi juga pemasukan. Content Creator yang sukses biasanya mendapatkan pemasukan dari ads, kerjasama affiliate dan bahkan sponsor langsung.

Sebagai contoh saja, Anda adalah penulis web novel. Dari banyaknya pengunjung yang membaca novel Anda, banyak pihak menawarkan untuk memasang iklan di page website yang Anda gunakan untuk publish novel ini. Pemasukan dari pengunjung, iklan AdWords Google, dan juga penawaran iklan perusahaan langsung tentu tidak sedikit. Hal ini tentu bisa jadi karir yang baik di dunia maya.

Jasa Guru Online

Jika Anda memiliki mampu mengajarkan topik – topik spesifik, Anda mungkin bisa menjadi guru online. Jasa guru online di sini tentu tidak hanya mengajarkan mata pelajaran, Anda bisa menawarkan skill seperti kursus juga. Sebagai contoh saja, Anda yang bekerja sebagai fotografer bisa mengajarkan tentang skill – skill fotografi yang baik melalui sesi online.

Translator

Konten – konten di internet tentu bisa datang darimana saja, sayangnya halangan bahasa membuat konten ini tidak bisa dinikmati. Anda yang memiliki kemampuan bahasa yang baik bisa mencoba menawarkan jasa translator untuk keperluan konten ini. Konten dari Jepang menjadi bahasa Indonesia, konten Indonesia menjadi bahasa Inggris dan lain sebagainya tentu akan lebih menjangkau luas.

Ide – ide bisnis internet di atas tentu hanya sebagian saja dari banyaknya ide lain yang bisa Anda ambil. Untuk memilih yang tepat, pastikan pilihan Anda sesuai dengan kemampuan, modal dan waktu yang Anda miliki. Memaksakan bisnis di internet yang diluar kemampuan hanya akan membuat Anda gagal untuk mulai.

Tips – tips Bermanfaat Agar Sukses Bisnis Online

Jika ingin lebih sukses berbisnis di dunia maya, Anda tentu bisa gunakan tips – tips cara memulai bisnis berikut ini:

Gunakan Konten Sebagai Penarik

Apapun bisnis yang Anda geluti, tentunya bisa disertai dengan konten agar dapat menarik konsumen. Konten inilah yang sekarang ini sering menyebar viral dan menjadi penyulut kesuksesan usaha online. Sebagai contoh saja, brand bisnis besar seperti Wendy membuat hari khusus dimana admin sosial medianya membuat konten roasting untuk para follower-nya di Twitter. Hal ini menjadi viral dan membuat nama brand ini makin menyebar dan disukai.

Social Media untuk Interaksi dengan Pelanggan

Seperti yang disinggung pada contoh Wendy di atas, interaksi dengan pelanggan akan membentuk komunitas. Komunitas di sini adalah pelanggan setia yang akan selalu mengikuti bisnis Anda. Interaksi sosial media ini tentu tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda menjawab pertanyaan ataupun keperluan pelanggan, tapi di samping itu Anda bisa berinteraksi layaknya teman dari akun sosial media brand ini.

Pelayanan Lebih Penting di Usaha Online

Di dunia online, pelayanan adalah hal yang paling diingat oleh pelanggan. Berbeda dengan usaha di dunia nyata, konsumen lebih sensitif terhadap interaksi melalui internet. Bisa Anda bayangkan saat ada kesalahan pelayanan sedikit saja, mereka pasti tidak datang lagi dan lebih memilih layanan lain karena di internet pengganti layanan lebih banyak ada pilihan. Berbeda dari toko di dunia nyata, jika di daerah Anda hanya ada satu penyedia produk yang Anda butuhkan, Anda tetap terpaksa beli di situ walaupun pelayanannya buruk.

Sekian bahasan tentang memulai usaha online. Semoga dengan informasi di atas Anda bisa memulai usaha yang sukses di dunia maya. Terima kasih sudah membaca dan selamat berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *