10 Kesalahan dalam Memulai Bisnis Investasi properti

Investasi properti

Untuk menjalankan bisnis investasi properti, maka ada banyak hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengenai kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan oleh para profesional pada saat masih pemula yang juga mungkin akan anda lakukan ketika memulai bisnis ini. Untuk anda yang tidak ingin mengulang kesalahan para investor yang sudah profesional, berikut ini adalah ulasannya.

Kesalahan #1  tidak mengetahui tujuan dari investasi dalam bidang properti sebelum memulai

Salah satu kesalahan besar yang dialami oleh banyak investor pemula adalah mengenai tujuan investasi yang mereka inginkan. Ada banyak sekali sebetulnya tujuan investasi yang bisa anda gunakan. Mulai dari mencari tambahan penghasilan bulanan atau untuk mendapatkan nilai investasi yang besar seiring dengan berjalannya waktu. Ada juga yang menginginkan keduanya dalam bisnis investasi properti ini. Lalu apa tujuan investasi anda? Mendapatkan tujuan investasi yang tepat merupakan hal yang penting karena akan membantu anda untuk menentukan step selanjutnya.

Step selanjutnya dalam investasi yang dimaksud adalah mengetahui produk properti mana yang akan anda beli untuk investasi yang akan anda lakukan. Setelah menentukan tujuan anda akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan jenis produk properti yang akan anda beli. Contohnya jika anda ingin mendapatkan keuntungan berupa uang tiap bulannya, anda bisa menggunakan uang anda untuk melakukan investasi properti pada rumah di perumahan, kos-kosan atau bisa juga menggunakan uang anda untuk membeli bangunan ruko besar yang bisa disewakan untuk bisnis.

Kesalahan #2 menunggu kesempatan untuk membeli properti terbaik

Selanjutnya adalah mengenai kesalahan selanjutnya dalam melakukan investasi adalah mengenai jenis produk properti yang akan anda beli. Banyak investor yang memulai bisnis investasi dalam bidang properti ini dengan modal yang minim. Hal ini menyebabkan banyak dari mereka menginginkan properti yang benar-benar terbaik supaya dapat memberikan hasil yang menguntungkan. Sayangnya menemukan produk properti terbaik dalam investasi properti ini sesungguhnya hanya ada dalam bayangan anda.

Memilih-milih produk investasi properti memang bukan hal yang salah untuk dilakukan. Hanya saja banyak pemula investor yang banyak mengalami kesulitan dan akhirnya menyerah karena ketakutan mereka membeli produk properti yang menurut mereka kurang sempurna. Salah satu profesional dalam dunia investasi mengaku bahwa pada saat ia memulai bisnis investasi dalam bidang properti, ia menemukan sebuah properti yang menarik, sayangnya di matanya properti tersebut kurang sempurna sehingga ia melewatkan deal tersebut. Pada akhirnya setelah 6 bulan berjalan, ia tidak bisa menemukan properti yang bahkan sama baiknya dengan properti yang ia temukan pada awal ia melakukan investasi. Hal ini merupakan hal yang sangat disesalkannya dan dapat menjadi pelajaran bagi anda para investor pemula hari ini.

Jadi hal yang tepat untuk dilakukan adalah jangan menunggu dan berpikir terlalu banyak dalam industri investasi properti ini. Begitu mendapatkan properti yang baik segera ambil deal tersebut untuk bisa memulai investasi dalam bidang properti anda sesegera mungkin agar anda bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Kesalahan #3 jangan menjadi motivated buyer

Apa itu motivated buyer? Motivated buyer adalah investor yang mebel setiap produk properti yang ditemukannya. Hal ini banyak dilakukan oleh seorang pelaku investasi yang memiliki banyak uang dan juga baru dalam dunia investasi properti. Meski memilih produk properti terlalu sempurna bukan hal yang baik untuk dilakukan, tapi menghamburkan uang anda secara sembarangan untuk properti yang tidak layak dibeli juga abukan hal yang baik untuk dilakukan.

Dalam investasi properti memiliki uang sangat banyak di bank adalah salah satu hal yang menguntungkan bagi seorang investor. Dengan uang ini, seorang investor bisa membeli properti yang menurut mereka bernilai kapan pun dia mau. Artinya, dengan banyaknya uang yang ada di banknya, maka ketika ada sebuah produk properti yang sempurna untuk investasi, maka ia bisa membelinya kapan saja ia mau. Tapi bukan asal ya!

Kesalahan #4 terlalu emosional

Kesalahan selanjutnya adalah mengenai sifat emosional anda. Banyak investor terlalu berpikir panjang untuk membeli properti yang baik karena memasukkan emosi dalam pertimbangan ini. Hal ini bukan hal yang cukup baik dalam dunia investasi properti. Ketika anda melakukan pertimbangan untuk membeli sebuah properti jangan fokus pada diri anda. Hal ini disebabkan karena anda tidak akan benar-benar tinggal di tempat tersebut.

Sebaliknya perhatikan nilai logika investasi dalam melakukan pemilihan produk properti untuk investasi anda. Logika investasi adalah sebuah ilmu yang harus anda pelajari sebelum melakukan investasi . Hal ini akan membantu anda untuk menentukan produk properti mana yang terbaik dan paling sempurna untuk investasi properti anda.

Kesalahan #5 tidak melakukan Research benar

Kesalahan nomor 5 adalah mengenai kemampuan anda dalam melakukan Research. Research atau penelitian merupakan hal yang penting bagi seorang investor. Hal ini disebabkan karena dengan melakukan Research yang tepat akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan produk properti yang akan anda gunakan dalam investasi properti anda.

Seorang investor yang sudah profesional mungkin bisa mendapatkan properti yang terbaik untuk investasi hanya dalam waktu 15 atau 20 menit. Hal ini disebabkan karena mereka sudah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pencarian, menggunakan kata kunci dan mencari daerah-daerah yang memiliki nilai potensi investasi properti yang meyakinkan.

Kemampuan mencari informasi ini bukan merupakan hal yang mudah untuk didapatkan. Diperlukan waktu selama bertahun-tahun terjun bagi seorang investor profesional agar bisa lebih murah menemukan produk properti yang menguntungkan dalam waktu yang singkat tersebut. Oleh karena yaitu jangan coba-coba melakukan hal yang sama.

Untuk anda yang masih pemula mungkin anda akan menemukan sebuah properti yang menurut anda menarik hanya dalam waktu ½ jam. Akan tetapi apakah anda yakin bahwa properti tersebut merupakan properti terbaik. Bagi pemula, biasanya mereka akan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencari produk investasi pertama dan kedua agar bisa menemukan deal yang terbaik untuk debut mereka dalam dunia investasi properti ini. Kemampuan mencari produk investasi akan makin meningkat sehingga akan makin muda bagi anda investasi pemula untuk menemukan produk properti di kemudian hari. Jadi jangan buru-buru ya!

Kesalahan #6 tidak memiliki penasihat finansial yang benar

Hal selanjutnya adalah mengenai hal finansial. Masalah keuangan bukan merupakan masalah yang simpel dalam bisnis investasi apapun, termasuk bisnis investasi properti. Oleh karena yaitu bagi seorang investor dalam dunia properti, memiliki penasihat finansial yang profesional adalah hal yang penting. Anda perlu memiliki penasihat pajak yang kompeten yang dapat memberikan anda pandangan baru mengenai baik tidaknya sebuah properti untuk dibeli. Beberapa tenaga finansial yang mungkin anda perlukan pendapatnya dalam pencairan produk properti dalam bisnis anda adalah tenaga penasihat pajak dan juga akunting.

Seperti yang kita tahu bangunan dan lokasinya sangat berhubungan dengan pajak jadi hal ini penting. Untuk anda yang masih pemula dalam dunia investasi properti ini pasti hal-hal mengenai pajak dan bangunan belum begitu mudah untuk anda pahami bukan? Oleh karena itu akan lebih bijaksana ketika anda mendapatkan pandangan mengenai nilai pajak sebuah bangunan terlebih dahulu sebelum membelinya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya selain menggunakan jasa penasihat pajak, anda juga akan membutuhkan tenaga penasihat akuntansi untuk keuangan anda. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan jasa akunting, pekerjakanlah tenaga akunting yang profesional dan dapatkan pertimbangan finansial yang matang dan terbaik untuk keuangan anda.

Setelah mendapatkan pertimbangan dari penasihat pajak dan akunting, anda akan mendapatkan pandangan baru mengenai produk properti yang anda incar. Anda bisa mengetahui bagaimana keuntungan yang akan anda dapatkan dari investasi properti bangunan tersebut dan mengenai harga produk properti yang cocok untuk bangunan yang akan ada beli.

Kesalahan #7 membayar terlalu banyak

Selain mengenai nilai pajak dan nilai akunting, harga dari sebuah bangunan juga ditentukan dengan pengalaman anda. Saat ini banyak produk properti yang bisa anda temukan secara mudah karena adanya pengiklanan mengenai investasi properti memang sangat banyak. Dalam pengiklanan tersebut pasti anda akan menemukan harga penawaran dari pihak seller.

Meski sudah ada harga yang tertulis di pengiklanan, anda perlu tahu bahwa anda harus membayar produk investasi tersebut sesuai dengan harga yang ditampilkan pada pengiklanan yang dilakukan oleh seller. Dalam bisnis investasi properti anda bisa melakukan penawaran atau bargain untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Sayangnya, untuk melakukan penawaran memang dibutuhkan pengalaman seperti yang disebutkan sebelumnya. Pengalaman mengenai perkiraan harga produk properti akan anda dapatkan seiring dengan berjalannya waktu. Dengan pengalaman tersebut, anda akan mengetahui berapa harga wajar yang harus anda dapatkan dari sebuah produk investasi properti.

Mungkin pada pembelian pertama dan kedua produk properti anda akan membayar dengan harga yang lebih mahal atau overprice, tapi jika sudah mengetahui dinamikanya akan lebih murah bagi anda untuk melakukan penawaran produk. Misalnya anda sudah menentukan harga sebuah properti sesuai dengan perkiraan anda dan seller menolaknya, maka hal ini tidak menjadi masalah. Jangan panik karena yang anda perlu lakukan adalah menunggu.

Tunggu hingga 3 atau 6 bulan setelah penawaran pertama anda. Setelah itu coba hubungi kembali seller tersebut dan tanyakan mengenai bangunan yang anda tawar sebelumnya. Jika memang belum laku, maka berikan penawaran kembali pada seller apakah seller mulai tertarik dengan penawaran yang anda lakukan di masa lalu?

Kesalahan #8 meremehkan biaya renovasi

Hal selanjutnya adalah mengenai biaya renovasi. Setiap kali membeli properti artinya anda siap dengan dana renovasi yang diperlukan. Hal ini merupakan hal yang biasa dalam dunia investasi properti. Yang tidak biasa adalah mengenai bagaimana anda mempertimbangkan biaya renovasi yang mungkin akan anda keluarkan untuk bangunan yang akan anda beli.

Banyak sekali investor dalam bidang properti pemula yang merasa menyukai sebuah bangunan kemudian meremehkan biaya renovasi dari bangunan yang mereka sukai tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka tidak benar-benar tahu berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk renovasi bahkan untuk sekedar mengganti pintu kamar mandi. Akhirnya para pemula investasi properti merasa kecewa dengan berapa biaya total yang harus mereka keluarkan untuk membeli dan melakukan renovasi gedung yang mereka beli.

Bagi pemula mengira-ira biaya renovasi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kemampuan untuk mengestimasi biaya ini akan lebih murah dilakukan ketika anda sudah melakukan pekerjaan investasi dalam bidang properti sebagai profesional. Ketika anda membeli properti pertama atau kedua adalah hal yang wajar jika anda membeli produk properti terlalu mahal dengan biaya renovasi yang juga besar akan tetapi pastikan hal ini tidak terjadi sepanjang sejarah karir bisnis investasi properti yang anda miliki.

Cara untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan membuat catatan mengenai setiap pengeluaran yang anda lakukan pada properti pertama, kedua, ketiga dan selanjutnya yang anda miliki. Mulai dari biaya beli, biaya renovasi untuk kamar mandi dengan bahan spesifik dan untuk hal-hal lainnya. Dengan mencatat setiap pengeluaran yang anda lakukan akan lebih mudah bagi anda untuk mengetahui berapa biaya renovasi yang akan anda keluarkan untuk sebuah bangunan di pembelian produk properti anda selanjutnya.

Kesalahan #9 tidak mengupdate informasi harga sewa

Kesalahan selanjutnya berhubungan dengan cash flow yang akan anda dapatkan sebagai pemilik sebuah gedung. Dalam menjalankan investasi bidang properti, ketika anda mengharapkan pengembalian dana berupa cash flow pastikan anda mengetahui informasi mengenai harga sewa produk properti yang anda miliki. Hal ini penting dalam dunia investasi properti karena merupakan salah satu hal yang membuat bisnis anda menjadi lebih berharga. Untuk mengetahui harga sewa bisa dilakukan dengan mencari informasi mengenai sewa properti di sekitar anda. Anda bisa melakukannya dengan strategi investasi bidang properti yang akan kami berikan berikut ini.

Untuk mengetahui harga sewa yang cocok untuk produk properti yang anda miliki dapat dilakukan dengan membuat jadwal rutin setiap tahun untuk melihat bagaimana perkembangan harga sewa properti di sekitar anda. Jika memang harga sewa sekitar anda naik, maka anda juga perlu menaikkan nilai sewa dari investasi properti yang anda miliki. Akan tetapi sebelum anda menaikkan harga properti pastikan anda memberitahukan pada penyewa anda dan pastikan fasilitas gedung investasi bidang properti yang anda miliki memang pantas disewa dengan harga tersebut.

Kesalahan #10 investasi dalam waktu yang singkat

Kesalahan terakhir yang akan kami bahas yang banyak dilakukan oleh para investor pemula adalah mengenai jangka waktu investasi yang dilakukannya. Saat ini ada banyak hal yang melakukan investor dalam waktu yang singkat. Sesungguhnya gaya investasi properti seperti ini bukan masalah yang besar. Hanya saja keuntungan yang akan anda dapatkan tidak sebesar keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda menjalankan bisnis ini pada salah satu gedung dalam waktu yang panjang.

Ketika anda akan mencari produk properti untuk investasi properti anda, sebaiknya anda pilih properti yang membuat anda tertarik dan memilikinya dalam waktu yang lama. Hal ini akan memberikan anda lebih banyak pengalaman dan juga lebih banyak rasa senggang. Jika anda tidak benar-benar menyukai properti tersebut dan membelinya, maka ada kemungkinan anda akan buru-buru menjualnya setelah menemukan produk properti yang lebih baik. Hal ini sudah pasti menyebabkan anda mengalam kerugian. Pasalnya setelah anda membeli produk properti tersebut anda pasti melakukan renovasi bukan? Setelah renovasi berapa harga yang akan dimiliki oleh bangunan anda? Apakah setara? Jadi pastikan dan memilih produk investasi properti yang tepat dan dapat anda miliki dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *