Kenali Peluang Usaha Baru yang Paling Menjanjikan

Peluang Usaha Baru

Peluang usaha terbaru saat ini kian berkembang berkat berbagai macam usaha baru yang bermunculan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka peluang usaha baru tetapi masih bingung memilih bidang usaha yang digeluti, berikut ini adalah contoh peluang bisnis baru yang sedang berkembang pesat dan memiliki peminat pelanggan yang tinggi.

Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan

Thrift Shop

Ini adalah usaha berupa toko yang menyediakan barang – barang bekas yang masih bagus dan berfungsi dengan baik. Anak muda di Indonesia akhir-akhir ini lebih fokus untuk mencari model pakaian vintage yang ditawarkan melalui portal jual beli online atau media sosial. Dengan kata lain, tren retro saat ini sedang populer. Jika orangtua Anda memiliki baju jaman dulu yang masih bagus, sebaiknya jangan langsung dibuang. Anda juga dapat mencari pakaian vintage dari berbagai toko grosir pakaian bekas dengan harga yang sangat terjangkau.

Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah yaitu menggunakan media air. Sebenarnya bisnis hidroponik sudah ada sejak lama. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, bisnis ini kembali banyak diminati. Bisnis ini disukai oleh banyak orang karena cara menanamnya lebih mudah dibandingkan tanaman konvensional dan modal usaha yang diperlukan juga murah. Apalagi, permintaan masyarakat terhadap buah dan sayuran saat ini juga kian meningkat karena mulai munculnya kesadaran untuk hidup sehat. Keuntungan menjual tanaman hidroponik dapat mencapai puluhan juta dalam 1 bulan.

Clothing Line

Peluang usaha adalah membuka brand baju sendiri atau juga sering disebut dengan clothing line. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki minat dan bakat di bidang fashion. Selain karena tren, baju juga termasuk kebutuhan primer sehingga peminatnya juga tidak akan pernah habis. Supaya usaha ini dapat berjalan dengan lancar, cobalah untuk membuat brand yang memadukan tren saat ini dengan style Anda sendiri. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, usaha ini cukup menjanjikan jika ditekuni dengan baik

Kerajinan Dari Limbah

Pengolahan barang bekas atau limbah saat ini sedang hangat diperbincangkan. Hal ini karena jumlah yang semakin banyak dan mengancam lingkungan. Daripada dibuang begitu saja menjadi sampah, limbah tersebut dapat mendatangkan rejeki dengan menyulapnya menjadi barang kerajinan. Limbah yang dapat diolah menjadi barang berguna adalah plastik. Alasannya, limbah ini lebih mudah diolah misalnya dengan dilem atau dijahit untuk dibuat hiasan dinding, tempat pensil, tas, karya seni kontemporer tempat sampah, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, usaha kerajinan limbah juga masih sedikit sehingga saingan usaha ini tidak terlalu banyak.

Copywriter

Copywriter merupakan profesi menulis teks promosi jasa atau produk untuk perusahaan tertentu. Peluang usaha ini dapat dikerjakan dari mana saja karena bersifat online. Selain itu, Anda juga tidak akan terikat hanya pada satu perusahaan saja karena banyak pekerjaan copywriting yang memperbolehkan copywriter bekerja di beberapa perusahaan sebagai freelance. Contoh jasa copywriting yang tengah marak saat ini adalah membuat caption di Instagram.

Pembuatan caption tergolong usaha baru di Indonesia. Namun sebenarnya jasa ini sudah banyak dijumpai di luar negeri. Misalnya saja di India, ada beberapa perusahaan yang memang khusus menawarkan jasa pembuatan caption. Caption yang dibuat umumnya dalam bahasa Inggris. Selain itu mulai bermunculan juga aplikasi pembantu pembuatan caption.

Karena caption merupakan hal yang penting dalam postingan Instagram, jasa pembuatan caption menjadi masuk akal untuk dilakukan, khususnya jika klien adalah korporasi atau perusahaan. Selain itu, membuat caption yang bagus juga tidak mudah. Bagi Anda yang menguasai teknik penulisan, Anda dapat mencoba peluang usaha yang satu ini.

Make Up Ramah Lingkungan

Selain membantu finansial, membuka peluang bisnis baru berupa make up ramah lingkungan juga akan melestarikan lingkungan. Usaha yang satu ini telah terbukti mampu memberikan banyak keuntungan. Produk kecantikan yang ramah lingkungan misalnya sabun dari bahan alami seperti coklat, pala, dan susu kambing tanpa bahan kimia. Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini juga tergolong sedikit yaitu hanya Rp 1 juta – Rp 2 jutaan.

Food Truck

Bisnis yang satu ini sebenarnya bermula dari Amerika Serikat dan mulai banyak dijumpai di Indonesia. Kehadiran bisnis ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia karena perkembangannya semakin cepat hingga saat ini. Biaya untuk memulai bisnis food truck jauh lebih murah karena mengusung konsep takeaway. Karena tempat usaha berupa truk, lokasi penjualan juga bisa berpindah – pindah sesuai tempat yang dianggap lebih strategis. Selain itu, omzetnya juga tergolong tinggi karena tuntutan dan minat pelanggannya tinggi, khususnya jika konsep food truck tersebut dibuat Instagramable.

Buah Goreng

Masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan. Oleh sebab itu, di Indonesia apapun dapat digoreng untuk dijual. Peluang usaha terbaru yang dapat dicoba adalah menjual buah goreng. Jika sebelumnya sudah ada nangka goreng dan pisang goreng, Anda dapat mencoba buah lainnya. Diluar negeri, ada beberapa buah goreng yang dijual seperti melon, anggur, blewah, apel, stroberi, kiwi, nanas, semangka, pir, dan cherry. Buah tersebut digoreng dengan tepung seperti pisang goreng. Namun cara menggorengnya harus dengan sistem deep fried atau dengan minyak banyak hingga menutup seluruh bagian buah. Usaha ini dapat dilakukan di pinggir jalan atau ditawarkan dulu ke rekan-rekan di kantor untuk meminimalisir resiko buah busuk.

Tips Mencari Peluang Usaha Baru

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak wirausahawan muda yang sukses menggeluti bisnis.Bahkan para entrepreneur ini telah mampu meraup penghasilan hingga ratusan juta. Hal inilah yang membuat orang – orang tertarik untuk mencari bisnis yang menguntungkan.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, mungkin Anda bertanya – tanya bagaimana caranya mencari peluang usaha baru yang menjanjikan dan menawarkan banyak keuntungan. Jika Anda masih kesulitan mencari peluang usaha tersebut, berikut ini akan diulas bagaimana cara menemukan peluang usaha yang tepat. Memang, peluang tersebut tidak datang dengan sendirinya. Oleh karena itu Anda harus mencari dan menciptakan peluang tersebut.

Mampu Melihat Peluang Usaha yang Menguntungkan

Hal yang paling penting untuk mencari peluang usaha, tidak hanya sekedar memiliki modal yang besar atau bakat tetapi justru kemampuan Anda untuk melihat peluang yang ada di sekitar. Dengan kemampuan melihat peluang yang ada di sekitar, Anda pun akan lebih mudah mencari peluang yang menguntungkan.

Mencari Peluang Dari Diri Sendiri

Untuk mencari peluang usaha yang cepat dan mudah sebenarnya dapat melihat dari potensi diri sendiri. Anda mungkin sering menganggap remeh potensi yang dimiliki padahal potensi ini kadang tidak dimiliki oleh orang lain. Anda bisa menggali potensi diri dengan melihat beberapa hal seperti:

  • Hobi

Untuk menemukan peluang usaha dari diri sendiri, Anda dapat mulai menggalinya dari hobi terlebih dulu. Mencari peluang usaha dari hobi dapat memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis. Contohnya jika Anda mempunyai hobi memasak atau membuat kue, Anda dapat mengembangkan hobi ini sebagai peluang usaha misalnya membuka usaha catering atau berjualan kue.

  • Pengalaman

Salah satu cara untuk menemukan peluang usaha dari dalam diri sendiri juga dapat didasarkan dari pengalaman. Ingat, pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan siapapun. Contohnya Anda sudah memiliki pengalaman kerja di bagian desain grafis, Anda dapat memanfaatkan pengalaman ini sebagai dasar untuk memulai usaha sendiri di bidang desain grafis.

  • Pendidikan

Saat ini, masih banyak orang yang menganggap bahwa orang yang memiliki gelar pendidikan tinggi harus berkarir di perusahaan atau bekerja menjadi karyawan. Pernyataan seperti ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya Anda dapat menggunakan keahlian Anda sebagai modal memulai usaha. Sebagai contoh, Anda adalah orang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang programming. Berdasarkan pendidikan tersebut, Anda bisa mencari peluang usaha yang berkaitan dengan pendidikan yang dimiliki misalnya membuat aplikasi Android.

Mencari Peluang Dari Masalah Di Sekitar

Untuk menemukan peluang usaha yang baru, Anda juga dapat mencarinya berdasarkan masalah yang terjadi di masyarakat. Selanjutnya Anda mencari solusi dari masalah tersebut untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Menciptakan solusi dari masalah yang ada di masyarakat sebenarnya Anda sudah memenuhi kebutuhan konsumen. Contohnya lingkungan di rumah Anda termasuk lingkungan yang padat dan banyak ibu rumah tangga kesulitan membeli kebutuhan sehari – hari karena lokasi tempat tinggal Anda jauh dari warung sembako atau pasar. Dengan melihat permasalahan warga tersebut, Anda dapat menawarkan solusi untuk pemenuhan kebutuhan mereka dengan membuka toko kelontong atau warung sembako.

Melihat Potensi Usaha yang Sudah Ada

Cara yang paling efektif untuk mencari peluang usaha adalah mengamati potensi usaha yang ada. Cobalah untuk melakukan riset mengenai sejumlah usaha yang memiliki potensi menjanjikan di lingkungan sekitar Anda. Contohnya adalah melakukan riset dengan membuat daftar beberapa usaha yang potensial misalnya warung sembako, toko pakaian, warung makan, dll. Setelah itu, lakukan penelitian mengenai potensi dari tiap usaha tersebut untuk dijalankan.

Jika Anda sudah mendapatkan data – data yang akurat, tentukan usaha yang lebih berpotensi berkembang untuk dijalankan. Mempelajari kesuksesan usaha orang lain akan membantu Anda menemukan peluang usaha yang menjanjikan. Namun ketika Anda membuka usaha serupa, pastikan usaha tersebut sedikit berbeda dan lebih baik dibandingkan kompetitor. Dengan memberikan nilai tambah untuk usaha Anda, usaha tersebut tentu akan lebih baik untuk memenangkan kompetisi bisnis.

Selain itu, memilih usaha dengan potensi terbesar juga dapat meningkatkan kemungkinan suksesnya usaha Anda. Hal yang paling penting dalam menentukan usaha yang hendak dijalankan adalah memperhatikan jumlah permintaan pasar. Ingat sedikit berbeda itu jauh lebih baik dibandingkan sedikit lebih baik.

Menciptakan Usaha yang Berbeda

Ketika Anda hendak memulai sebuah usaha, salah satu kekhawatiran yang sering muncul adalah tidak dapat bersaing dengan kompetitor. Bila Anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya Anda mencari peluang usaha yang berbeda dibandingkan usaha lain yang sudah ada. Untuk menciptakan peluang yang berbeda memang tidak mudah karena memerlukan kreativitas yang tinggi. Bahkan tidak sedikit pengusaha pemula yang gagal saat mereka mencoba menjalankan jenis usaha baru. Namun banyak juga pengusaha yang berhasil ketika menciptakan jenis usaha baru yang sebelumnya belum ada.

Jenis usaha baru yang tergolong sukses adalah Go-Jek. Usaha ini menawarkan gebrakan baru dengan memunculkan usaha di bidang transportasi. Go-Jek sudah terbukti menjadi perusahaan transportasi raksasa di tanah air.

Mencoba Usaha Dari Daerah Lain yang Belum Dijumpai di Daerah Anda

Bila Anda belum juga menemukan ide usaha yang menguntungkan di lingkungan tempat tinggal Anda, cobalah untuk membuka jenis usaha yang sukses di daerah lain. Anda dapat mencoba berkeliling ke daerah lain untuk menemukan beberapa referensi usaha yang cocok untuk dijalankan di daerah tempat tinggal Anda. Cara seperti ini sebenarnya sudah cukup populer dilakukan oleh para pebisnis pemula.

Setelah Anda mendapatkan beberapa referensi usaha, Anda perlu benar-benar memastikan bahwa usaha yang akan dijalankan memiliki potensi berkembang. Anda juga dapat mencoba berinovasi pada usaha tersebut supaya cocok dijalankan di daerah Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Baru

Hal yang kerap membuat pengusaha gagal, terutama jika mereka masih pemula adalah belum memahami resiko bisnis dan gagal mengantisipasi resiko tersebut. Resiko sebuah usaha memang sulit dipantau ketika seseorang belum ahli di bidang usaha tersebut. Ketika Anda berniat untuk memulai usaha, setidaknya Anda perlu memahami beberapa resiko bisnis berikut:

– Resiko Keuangan

Resiko keuangan berkaitan dengan modal dan juga biaya operasional di awal usaha. Untuk mencukupi aspek yang satu ini, beberapa pebisnis pemula biasanya menggunakan dana tabungan pribadi, mendapat dana dari sebuah badan, atau pinjaman dana. Pastikan untuk tidak sampai salah memprediksi karena ini dapat berakibat pada resiko negative cash flow atau defisit.

– Resiko Barang atau Produk

Resiko barang atau produk ini berkaitan dengan produk yang umumnya langsung berkaitan dengan pasar dan konsumen. Jadi jika produk tidak laku, sampai kapan produk tadi bisa bertahan perlu diperhitungkan untuk meminimalisir kerugian.

– Resiko Pasar

Resiko pasar berkaitan dengan potensi pasar dari usaha yang Anda jalankan apakah Anda mampu bersaing di bidang ini atau tidak. Anda dapat mengenal resiko tersebut dengan banyak mencari informasi dan bertanya mengenai perilaku target pasar, apa yang menurut mereka menarik, dan bagaimana mereka membeli

– Resiko Tim Bisnis

Resiko tim bisnis terkait dengan sejauh mana partner bisnis bertahan untuk memajukan bisnis bersama. Selain Anda sendiri sebagai pemilik usaha, ada rekan pengelola, pegawai, dan pemodal bisnis. Kunci sukses menjalankan bisnis adalah tim pengelola yang kompak.

– Resiko Pelaksanaan

Resiko ini berkaitan dengan respon pasar terhadap produk yang akan Anda luncurkan. Tentunya survey dan riset yang baik dapat meminimalisir resiko ini.

Untuk menemukan peluang usaha baru yang menjanjikan memang bukan pekerjaan yang mudah tetapi tidak berarti hal ini adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Hal paling penting dalam mencari peluang bisnis baru yang menjanjikan ini adalah bagaimana bisnis yang akan dijalankan dapat memberikan solusi bagi konsumen. Jangan pernah berhenti mengamati setiap peluang yang ada karena setiap celah atau peluang tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bisnis.

Selain itu perlu diingat juga bahwa peluang bisnis tidak pernah muncul dengan sendirinya. Anda juga harus mempunyai keberanian untuk memulai, selalu optimis, dan selalu berinovasi. Semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu Anda menemukan peluang usaha baru yang menguntungkan dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *