15 Jenis Usaha Rumahan Untuk Penghasilan Tambahan

Ditengah kemajuan jaman dan tuntutan ekonomi yang tinggi, sebenarnya banyak jalan yang dapat dilakukan untuk mendapat penghasilan lebih.  Pendapatan bulanan dari pekerjaan tetap sering kali dirasa masih kurang mencukupi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan anda untuk diinvestasikan pada usaha lain yang lebih menghasilkan.

15 Peluang usaha rumahan

Berikut ini contoh usaha rumahan yang bisa anda lakukan di rumah dengan penghasilan yang lumayan

1. Online Shop

Online shop atau toko berbasis online menjadi salah satu tren berbelanja saat ini .

Dengan dukungan dari  keberadaan internet serta fasilitas aplikasi e-commerce anda bisa menjual berbagai produk melalui jasa tersebut. Selain memudahkan anda dalam bertransaksi, keberadaan toko digital juga membuat anda bisa melakukan transaksi dengan calon pembeli kapanpun di mana pun tanpa harus mendirikan toko fisik.

Ada berbagai jenis barang yang bisa anda jual di sini mulai dari fashion, alat kebutuhan rumah tangga, bahan makanan dan minuman, serta berbagai jenis peralatan rumah dan kantor. Anda bisa menginvestasikan sebagian dana untuk membeli beberapa barang yang sekiranya banyak dicari orang.

2. Dropshiper

Jika anda memiliki dana terbatas, anda bisa mulai melakukan usaha tanpa modal. Mirip seperti online shop, namun dropshiper lebih memudahkan anda dalam menjual dan pengadaan barang dagangan.

Dropshiper adalah posisi dimana anda menjual barang-barang dari pedagang lain, sehingga anda tinggal memajang barang-barang tersebut pada toko online anda. Ketika ada orderan masuk, anda tinggal melanjutkan pada penjual di atas anda. Proses pengiriman barang menjadi tanggung jawab penjual di atas anda.

Untuk masalah keuntungan, anda bisa membicarakannya terlebih dahulu dengan  pihak yang anda ajak kerjasama. Keuntungannya adalah anda tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk pengadaan barang.

3. Toko Kelontong

Jika anda atau anggota keluarga anda memiliki banyak waktu di rumah, anda bisa mencoba mengubah sebagian rumah anda menjadi toko kelontong.

Untuk membuat toko kelontong di rumah anda, memang diperlukan modal yang cukup besar baik untuk pengadaan tempat, etalase, hingga membeli barang yang hendak dijual. Toko kelontong pada umumnya menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari, sehingga keuntungan yang didapat tidak terlalu tinggi.

Barang yang dijual dapat berupa bahan makanan, sayuran, snack, minuman, sandal, hingga bahan bakar. Jika anda menghitung keuntungan dari masing-masing barang yang dijual tentu tidak akan terlalu banyak.  Namun percayalah, keuntungan yang sedikit tersebut akan sangat terasa banyak sebab akan banyak pembeli yang datang ketempat anda setiap harinya.

4. Membesarkan Unggas

Unggas memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Jika anda hobi dan telaten dalam memelihara binatang, tidak ada salahnya anda menginvestasikan sebagian uang anda untuk membeli beberapa bibit unggas.

Anda bisa memilih unggas hias seperti burung ocehan maupun ayam hutan bila memang menyukai suara-suara alami di sekitar rumah anda. Bila anda memiliki tempat yang agak luas dan dapat mendirikan kandang, anda bisa beralih ke unggas konsumsi seperti ayam potong, bebek, dan ayam kalkun.

Setiap jenis unggas tersebut memiliki nilai jual yang berbeda-beda, namun dapat diandalkan sebagai penghasilan tambahan. Anda juga bisa menjadi pembesar anakan ayam hias seperti bekisar ataupun ayam hutan. Untuk memulai usaha ini, anda bisa membeli beberapa ekor anakan jantan yang cukup anda besarkan di dalam kardus atau kandang kecil. Harga jualnya bisa melonjak dua kali lipat dalam 3-4 bulan.

Burung ocehan juga termasuk unggas yang mudah dipelihara dan dikembangbiakan. Jenis burung ocehan seperti kenari dan lovebird merupakan jenis burung yang populer saat ini. Pengawinan indukan kedua jenis burung serta perawatannya juga cenderung mudah.

Harga jual untuk anakan masing-masing burung cukup tinggi serta banyak peminatnya. Untuk beternak, tentu anda harus meluangkan 1-2 jam sehari untuk melakukan perawatan harian seperti memandikan burung, menjemur, dan memberi pakan.

5. Guru Privat

Bila anda memiliki dasar pendidikan yang baik atau memelajari banyak ilmu pengetahuan, anda bisa mengalihfungsikan rumah anda sebagai lokasi bimbingan belajar. Menjadi guru privat saat ini menjadi pekerjaaan sampingan yang memiliki penghasilan yang lumayan.

Untuk guru privat bagi anak SD, di kota besar dibandrol antara 200-300 ribu per pertemuan. Sedangkan di kota kecil anda bisa mendapatkan 75-150 ribu setiap pertemuan. Angka ini bisa meningkat bila anda mengadakan satu kelas kecil dalam satu sesi pertemuan. Anda bisa mendapatkan minimal 200 ribu setiap pertemuan untuk kelas berisi 4 anak.

Harga ini juga bisa meningkat jika segmentasi yang anda pilih adalah kalangan di atas usia SMP. Hal ini juga semakin meningkat bila anda mengkhususkan pada mata pelajaran tertentu untuk pelajar SMP hingga SMA. Dengan demikian anda bisa memberikan harga yang eksklusif untuk pasar anda.

6. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Pulsa dan paket internet saat ini menjadi sebuah kebutuhan bulanan bagi setiap orang. Pasar untuk pulsa dan paket internet juga sangat luas, sehingga ini bisa menjadi kesempatan usaha rumahan bagi anda.

Untuk memulai usaha ini juga sangat mudah, anda tinggal melakukan pengisian saldo pada agen-agen pulsa yang ada di kota anda. Keuntungan dari setiap transaksi juga cukup lumayan. Jangan khawatir tentang pembeli anda, sebab di sekitar tempat tinggal anda tentu banyak orang membutuhkan pulsa dan paket internet untuk memenuhi kebutuhan digital mereka setiap hari.

Sebagai tambahan, anda juga bisa menyediakan berbagai aksesoris umum untuk telepon seluler saat ini seperti kartu perdana, charger, hingga monopod yang saat ini banyak dicari. Jangan ragu untuk membuat riset kecil tentang segmentasi di sekitar anda, agar anda bisa membelanjakan produk yang tepat untuk mereka.

7. Jasa Desain Grafis

Desain grafis menjadi salah satu bidang yang mulai dihargai saat ini. Harga yang bisa ditawarkan oleh desainer grafis di Indonesia juga cukup beragam. Setidaknya anda bisa memulai dengan harga 50 ribu rupiah untuk desain-desain sederhana. Sementara untuk desain yang rumit dan akan digunakan dalam jangka panjang seperti logo usaha, anda bisa membandrolnya di atas 300 ribu per desain.

Kendala terbesar yang mungkin anda hadapi adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat, terutama di daerah pinggiran kota untuk menghargai karya. Hal ini menjadi bahan pembelajaran anda sendiri ke depannya, terutama untuk menghadapi orang-orang yang masih tidak bisa menilai suatu karya seni.

Anda juga bisa memanfaatkan platform-platform digital untuk menjual hasil karya anda. Di platform ini anda bisa menjual kemampuan anda sedikit lebih tinggi, sebab kebanyakan orang yang akan menjadi klien anda tentu lebih memahami fungsi dan hasil seni yang anda buat. Jika anda memiliki portofolio yang banyak dan berkualitas, anda tentu memiliki kesempatan lebih untuk menaikan nilai jual serta memperluas segmentasi pasar anda hingga ke luar negeri.

8. Jasa Cuci Motor

Cuci motor saat ini menjadi sebuah usaha yang banyak dicari orang. Hal ini tentu sebanding dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor di jalanan. Dalam sehari, anda bisa iseng menghitung jumlah sepeda motor yang lewat depan rumah anda dalam satu jam.

Jasa cuci motor juga tidak membutuhkan terlalu banyak modal usaha. Anda hanya perlu menyediakan ruang semi terbuka yang diplester, mesin semprot air, serta beberapa peralatan kecil untuk mencuci motor.

Anda juga bisa membuka peluang untuk mempekerjakan orang bila usaha anda mulai ramai. Sebagai pelengkap usaha, anda bisa menawarkan berbagai  paket perawatan motor seperti wax ekstra, pengecatan, dan ganti oli. Jika anda memiliki dana lebih, anda juga bisa menyediakan ruang khusus yang bisa anda fungsikan sebagai kafe kecil atau tempat ngopi sebagai ruang tunggu bagi konsumen anda sekaligus memberikan pemasukan tambahan.

9. Jasa Laundry

Seiring dengan banyaknya orang tua yang semuanya bekerja, saat ini usaha laundry menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Banyak orang menjadi tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri bahkan keluarga.

Usaha laundry tentu cukup menjanjikan. Anda bisa memulai dengan pengadaan 1-2 unit mesin cuci serta pengering pakaian. Rata-rata anda bisa menjual jasa anda mulai dari 4000-10000 rupiah setiap kilogram cucian yang harus anda cuci. Harga ini tergantung dari kualitas dan lama waktu mencuci. Anda juga bisa memanfaatkan tenaga tambahan bila jumlah konsumen anda semakin meningkat. Usaha ini tentu dapat menjadi usaha rumahan yang menguntungkan sebab anda tidak akan sepi peminat.

Membangun kepercayaan para konsumen terhadap kualitas jasa, serta mengusahakan agar pakaian para konsumen tidak tertukar menjadi sebuah kewajiban yang harus anda lakukan pada bisnis ini. Jika anda membuat kesalahan yang terkesan sepele, seperti pakaian yang hilang atau tertukar anda  harus bersiap dengan konsekuensinya. Hal sepele tersebut, bisa membuat konsumen anda kabur.

10. Katering Harian

Salah satu usaha yang pasti banyak dicari adalah usaha kuliner. Jika anda memiliki waktu cukup serta keterampilan memasak yang mumpuni anda bisa membuka usaha katering makanan untuk harian.

Hal ini semakin menguntungkan sebab saat ini banyak rumah tangga yang kurang memiliki waktu cukup untuk memasak, serta lebih banyak menghabiskan uang untuk makan di luar. Anda bisa menjadi penyedia makanan siap saji yang bisa anda hantarkan ke rumah-rumah atau perkantoran di sekitar anda.

Anda juga bisa memfokuskan pada menu makanan sehat yang saat ini banyak dicari. Usaha katering harian ini juga cocok bila di sekitar tempat tinggal anda banyak terdapat kost maupun gedung perkantoran. Makanan sehat saat ini tidak hanya menjadi gengsi, namun juga berubah sebagai gaya hidup masyarakat khususnya di daerah perkotaan.

11. Penitipan Hewan

Jasa penitipan hewan bisa menjadi usaha rumahan yang bisa anda pertimbangkan bila anda memiliki cukup lahan. Usaha ini cukup menguntungkan, terlebih bila anda senang berinteraksi dengan hewan-hewan domestik seperti anjing, kucing, dan kelinci.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kandang, sistem sirkulasi limbah yang baik, serta pengetahuan tentang kondisi hewan. Untuk lebih aman, anda bisa menambahkan pengadaan obat kutu agar hewan-hewan yang dititipkan pada anda terbebas dari kutu dan tungau.

Usaha penitipan hewan ini cukup menguntungkan karena anda bisa membandrol harga mulai dari 30 ribu rupiah per malam, belum termasuk pakan hewannya. Anda juga bisa menambah biaya bila menambahkan garansi bebas kutu dan penyakit bagi hewan-hewan lainnya.

Bisnis ini banyak menguntungkan terutama di akhir pekan atau liburan panjang seperti lebaran ketika banyak orang hendak pergi ke luar kota dan terpaksa meninggalkan hewan peliharaannya.

12. Pet Shop

Pet shop atau toko perlengkapan hewan domestik juga bisa menjadi usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Selain tidak memakan tempat yang luas, anda juga bisa memulai dari kebutuhan-kebutuhan dasar hewan domestik seperti pakan, camilan, dan pasir harum. Usaha ini cukup menguntungkan mengingat saat ini sudah banyak warga yang gemar memelihara hewan domestik.

Keberadaan pet shop ini juga bisa anda lengkapi dengan jasa penitipan hewan domestik. Untuk pakan, anda bisa membeli dalam kemasan besar kemudian dikemas ulang dengan ukuran kecil sekitar 500 – 1000 gram.  Selanjutnya anda bisa mulai menambahkan berbagai aksesoris lain untuk hewan peliharaan.

13. Minuman Kemasan Kekinian

Gerobak minuman bisa menjadi usaha rumahan yang sangat menggiurkan, terlebih di musim kemarau. Anda bisa mencoba berjualan berbagai minuman kekinian seperti thai tea, bubble tea, milkshake, hingga es kopi.

Usaha ini cukup menguntungkan sebab minuman-minuman tersebut tidak hanya menyegarkan namun juga sedang tren saat ini. Selain itu bahan baku untuk berbagai minuman ini bisa dengan mudah anda temukan di toko-toko roti di kota anda. Untuk mempercantik tampilan dan rasa, anda bisa menambahkan berbagai toping seperti puding, jeli, boba, dan bermacam tambahan lainnya.

Untuk penyajian anda bisa menyiapkan gelas plastik yang ditambahkan stiker atau cetakan lucu agar lebih instagramable. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ojek online sebagai media berjualan anda untuk memperluas jaringan konsumen anda.

14. Penulis Lepas

Jika anda memiliki hobi menulis, serta memiliki waktu lebih maka anda cocok bekerja sebagai penulis lepas. Pekerjaan tambahan sebagai penulis lepas memberikan penghasilan yang cukup tinggi. Jika anda melakukan secara rutin, maka anda berkesempatan mendapatkan 500 ribu sampai 1 juta rupiah setiap bulan hanya dari 3-5 jam waktu menulis setiap hari.

Banyak platform online yang bisa anda manfaatkan untuk menawarkan jasa penulisan anda, baik yang memberikan kontrak per tulisan maupun kontrak jangka panjang. Jika memungkinkan anda juga dapat memilih agensi penulis lepas yang memberikan tema-tema tulisan yang sesuai dengan keahlian anda.

Untuk mengerjakan tulisan, anda hanya membutuhkan komputer atau laptop serta koneksi internet.

15. Angkringan

Angkringan bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki halaman rumah yang tidak terlalu besar. Usaha angkringan ini merupakan usaha rumahan sederhana namun cukup menjanjikan yang mengandalkan pemasukan dari makanan dan minuman yang umumnya beroperasi di malam hari.

Anda cukup membutuhkan modal berupa gerobak angkringan berserta tenda sebagai simbol dari usaha anda agar mudah dikenal terutama oleh masyarakat sekitar. Untuk permulaan, anda bisa memperoleh makanan yang dijual seperti nasi kucing, sate usus, sate telur, gorengan, serta berbagai camilan lainnya dari penyuplai.

Untuk minuman, anda bisa mengusahakan sendiri. Minuman seperti teh, jeruk, dan berbagai minuman kemasan tentu hal yang mudah anda dapatkan dan buat. Minuman ini memberi keuntungan cukup besar bagi usaha angkringan yang anda jalankan.

Dari banyak pengalaman, minuman menjadi penyumbang terbesar bagi pemasukan di bisnis rumahan angkringan.

 

Leave a Comment